Pencegahan Kanker Serviks dengan Vaksin HPV

Human Papilloma Virus (HPV) merupakan penyebab terjadinya kanker serviks. Ada banyak jenis HPV, namun dua jenis yang paling umum adalah HPV 16 dan HPV 18. Jenis ini menjadi penyebab kanker serviks pada 90 persen wanita.

(Foto: philstockworld.com)


Jenis HPV yang berisiko tinggi dianggap mengandung materi genetik yang bisa dipindahkan dari sel virus ke dalam sel leher rahim. Materi ini akan mulai mengganggu kinerja sel, hingga akhirnya sel-sel serviks itu berkembang biak tanpa terkendali. Proses inilah yang menyebabkan munculnya tumor dan kemudian berubah menjadi kanker.



Menurut dokter spesialis onkologi radiasi dari Pusat Kanker Santosa Hospital Bandung Kopo (SHBK) Sugandhi Hartanto kanker seviks terjadi di bagian daerah serviks atau mulut rahim yang mengalami perubahan bentuk jaringan epitel yang belum matang. sel-sel yang berubah bnetuk dan struktur ini kemudian berkembang menjadi tumor


Mereka yang rentan terkena kanker serviks adalah yang sudah aktif secara seksual, dimana kaum perempuan yang menikah muda dibawah usia 21 tahun, telah melahirkan anak lebih dari tiga kali, serta perilaku merokok yang memicu terjadinya tumor pada serviks


Beberapa gejala kanker serviks antara lain terjadi keputihan yang tidak biasa, perdarahan (flek) diluar siklus menstruasi, serta nyeri perut di bagian bawah. "Jika mendapati gejala tersebut, sebaiknya segera periksakan ke rumah sakit. Tahapan pemeriksaan dimulai dengan cek gejala awal, dilakukan biopsi, lalu menentukan staging melalui USG; radiasi; BNOIVP; serta rontgen," kata Gandhi.


Berbeda dengan kondisi di negara berkembang, di negara maju kemunculan kanker serviks sudah dapat dicegah salah satunya melalui pemberian vaksin HPV. Vaksin ini diberikan khususnya bagi kaum wanita yang belum aktif secara seksual.



Menurut Gandhi, seluruh masyarakat perempuan bisa mendapatkan vaksin ini dan tidak mahal. Hanya saja yang menjadi kendala atau rintangannya adalah ketersediaan vaksin ini di seluruh pelosok nusantara yang menjangkau kota kota kecil. Selain itu, informasi dan edukasi pentingnya vaksin ini belum tersampaikan dengan baik ke seluruh lapisan golongan masyarakat.




sumber
pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/04/22/pencegahan-kanker-serviks-dengan-vaksin-hpv-399596
diakses 27 April 2017

Related Posts

Pencegahan Kanker Serviks dengan Vaksin HPV
4/ 5
Oleh
Loading...

kanker servix, makanan penyebab kanker serviks, penyebab kanker serviks, kanker payudara, penyebab kanker payudara,penderita kanker serviks yang sembuh, hosting, hosting gratis, wordpres hosting, vps hosting, dedicated server