Rekomendasi Bacaan :

4 Ramuan Ini Bisa Mengurangi Rasa Sakit karena Kanker

Dinas Kesehatan Targetkan Empat Ribu Wanita Subur di Periksa. Ada apa ?

Kanker serviks menjadi penyebab kematian perempuan nomor dua di dunia setelah penyakit jantung koroner. Setiap dua menit, satu perempuan meninggal akibat kanker serviks. Di negara berkembang seperti Indonesia, kanker serviks menjadi salah satu penyebab utama kematian.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani pada Haluan, Senin (24/4). Feri menuturkan, mencegah berkembangnya penyakit kanker serviks, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kesehatan setempat melakukan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) kepada wanita subur di Kota Padang.

Empat Ribu Wanita Subur di Periksa. Ada apa ? (foto:okezone.com)

"Pekan ini kita mulai melaksanakan pemeriksaan IVA untuk mencegah kanker leher rahim pada wanita usia subur," ujarnya.

Feri Menyebutkan, Dinkes menargetkan, pemeriksaan IVA ditargetkan kepada 4 ribu wanita subur di Kota Padang. Wanita Subur yang ingin mengetahui kondisi rahim dapat memeriksakan diri di Puskesmas terdekat.

"Kita melakukan pemeriksaan di tiap Puskesmas di Kota Padang hingga Jumat (28/4) depan," ujar Feri Mulyani.

Seperti diketahui, Metode IVA ini sudah dikenalkan sejak 1925 oleh Hans Hinselman dari Jerman, tetapi baru diterapkan tahun 2005. Biaya mendeteksi kanker serviks dengan metode IVA ini juga terjangkau. Deteksi dini ini tidak harus dilakukan oleh dokter, tetapi tenaga terlatih seperti bidan di puskesmas.

“Metode IVA cukup mudah, murah, dan memiliki keakuratan sangat tinggi dalam mendeteksi lesi atau luka prakanker hingga 90 persen,”katanya.

Metode IVA dilakukan dengan cara inspeksi visual pada serviks yang diberi asam asetat atau dikenal dengan asam cuka. Setelah dilihat posisinya, leher rahim dipulas dengan asam asetat kadar 3-5 persen, selama 1 menit.

 

Proses ini tidak menyakitkan. Hasilnya langsung diketahui saat itu juga, antara normal (negatif), atau positif (ada lesi pra-kanker). Jika ada kelainan, plak putih akan muncul pada serviks. Plak putih ini yang harus diwaspadai sebagai luka prakanker.


“Kepada seluruh wanita usia produktif dan telah menikah untuk segera memeriksakan diri. Seluruh wanita di Kota Padang diharapkan rutin melakukan pemeriksaan IVA sekali setahun,”imbaunya.


sumber :
harianhaluan.com/news/detail/64694/empat-ribu-wanita-subur-diperiksa-ada-apa
diakses 24 April 2017

Related Posts

Dinas Kesehatan Targetkan Empat Ribu Wanita Subur di Periksa. Ada apa ?
4/ 5
Oleh
Loading...

kanker servix, makanan penyebab kanker serviks, penyebab kanker serviks, kanker payudara, penyebab kanker payudara,penderita kanker serviks yang sembuh, hosting, hosting gratis, wordpres hosting, vps hosting, dedicated server