4 Kebiasaan Ini Bikin Rambut Rontok

Rambut merupakan mahkota yang harus dijaga oleh para wanita. Oleh sebab itu, banyak wanita yang rela melakukan berabagai perawatan agar rambut tampak indah. Sayangnya, rambut kerap kali rontok tanpa sebab yang jelas. Kondisi tersebut tentu tidak nyaman.

Kondisi rambut rontok merupakan hal menyebalkan yang harus segera diatasi. Jika dibiarkan terus menerus rambut akan semakin tipis. Sebenarnya, ada banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok. Biasanya berhubungan dengan pola makan, stres, hingga faktor genetik. Namun, jika hal tersebut telah diatasi tapi rambut tetap rontok, maka mungkin saja kondisi tersebut disebabkan oleh kebiasaan yang salah.




Apa saja kebiasaan yang bisa memperparah kondisi kerontokan rambut? dari Health, Sabtu (11/3/2017), berikut beberapa kebiasaan salah yang menyebabkan kerontokan rambut:




Mengikat rambut 

Kebiasaan mengikat rambut terlalu kuat juga bisa membuat rambut rapuh dan mudah rontok. Jika dilakukan terus menerus, hal ini akan berujung pada masalah kronis, yakni rambut menjadi lemah dan tidak bisa tumbuh. Sebaiknya, gerailah rambut sesering mungkin. Selain itu, jangan pernah menggunakan karet untuk mengucir rambut. Sebab, karet gelang bisa menambah jumlah helaian rambut yang rontok.


Menggaruk kepala

Kepala yang gatal akan terasa nyaman saat digaruk. Tapi, ternyata kebiasaan menggaruk kepala ini juga bisa memperparah kerontokan rambut. Sebab, saat digaruk, kuku akan melukai kulit kepala yang menjadi tempat tumbuhnya akar rambut. Jika kepala terasa gatal, sebaiknya garuklah dengan tangan yang dibalut sarung tangan. Jangan sampai kuku tajam yang ada di jari melukai kulit kepala.


Menyisir rambut basah

Menyisir rambut dalam keadaan basah memang terasa menyenagkan. Tapi, ternyata kebiasaan itu justru memperparah kerusakan rambut. Hal ini disebabkan karena rambut basah sangat lemah. Jika nekat disisir, maka akan membuat helaian rambut yang rontok bertambah banyak. Sebaiknya, sisirlah rambut dalam keadaan setengah kering untuk mengurangi helaian yang rontok.


Diet berlebihan

Banyak orang yang tidak sadar jika kebiasaan diet mempengaruhi kesuburan rambut. Melakukan diet berlebihan bisa mengganggu pertumbuhan rambut. Sebab, saat melakukan diet, asupan nutrisi yang masuk ke tubuh tentu akan berkurang. Hal itulah yang membuat rambut mudah rontok dan sulit tumbuh. Jika tak ingin hal tersebut terjadi, sebaiknya perhatikanlah asupan gizi dalam makanan yang dikonsumsi saat diet.



sumber : 
solopos.com/2017/03/13/tips-hidup-sehat-hati-hati-4-kebiasaan-ini-bikin-rambut-rontok-makin-parah-800919
diakses 24 April 2017

Related Posts

4 Kebiasaan Ini Bikin Rambut Rontok
4/ 5
Oleh
Loading...

kanker servix, makanan penyebab kanker serviks, penyebab kanker serviks, kanker payudara, penyebab kanker payudara,penderita kanker serviks yang sembuh, hosting, hosting gratis, wordpres hosting, vps hosting, dedicated server