Udang Asam Keung

BAHAN:
500 g udang jerbung segar, kupas, pisahkan kepala dari badannya, belah dua bagian punggung. Sisihkan kepala dan kulit udangnya.
1 sdm air jeruk nipis
1/2 sdt garam
1,5 L air
5 buah belimbing wuluh*)
5 buah cabai hijau, belah dua memanjang

3 sdm air jeruk nipis
5 lembar daun jeruk
1 1/2 sdt garam

Bumbu, haluskan:
4 siung bawang putih
2 sdm asam sunti**)
5 buah cabai rawit
3 buah cabai merah besar
2 cm jahe
1 1/2 sdt kunyit bubuk

CARA MEMBUAT:
- Lumuri udang dengan air jeruk dan garam hingga rata. Diamkan selama 5 menit, cuci bersih. Lumuri kembali udang dengan bumbu halus hingga rata, diamkan selama 10 menit hingga bumbu meresap. Sisihkan.
- Rebus air bersama kepala dan kulit udang hingga mendidih, angkat. Saring.
- Rebus kembali air kaldu udang, masukkan udang. Masak dalam keadaan tertutup selama 5 menit. Buka kembali, tambahkan belimbing wuluh, cabai hijau, dan sisa bahan. Masak hingga matang, angkat.
- Sajikan panas.

Untuk 6 porsi

*) Belimbing wuluh: Termasuk bumbu yang berasal dari buah. Dinamakan juga belimbing sayur. Dapat dibeli di pasar tradisional.
**) Asam sunti: Berasal dari belimbing sayur yang dikeringkan lalu digepengkan. Berwarna cokelat kehitaman dan rasanya tidak terlalu tajam. Dapat diperoleh di pasar tradisional.

Sumber : feminaonline.com





Related Posts

Udang Asam Keung
4/ 5
Oleh
Loading...

kanker servix, makanan penyebab kanker serviks, penyebab kanker serviks, kanker payudara, penyebab kanker payudara,penderita kanker serviks yang sembuh, hosting, hosting gratis, wordpres hosting, vps hosting, dedicated server